Friday 24 October 2014

Shine Forth, Blaster Blade!! (Seekers Deck Profile)

Hello readers, ini post pertama gw ni. Sebelumnya perkenalkan dulu nama gw admin Nepu, salam kenal ya 

Sekarang gw bakal bahas tentang deck yang bisa dibilang cukup meta yaitu Seekers yang berbasis Seeker, Thing Saver Dragon (STSD) dan Light Source Seeker, Alfred Exiv.

Sebelumnya kita liat dulu apa sih playstyle Seekers? 
  • Superior Call = Tentu saja sebagai deck Royal Paladin, superior call dari deck adalah hal utama yang jadi kelebihan Seekers. Berbeda dengan Liberator yang mensuperior call dari top deck dengan cost yang cukup murah, Seekers mensuperior call unit apapun dari deck dengan cost yang lebih mahal namun lebih pasti.
  • Strength in Numbers = Kelebihan (sekaligus kekurangan) semua deck Royal Paladin adalah field anda akan semakin kuat dengan semakin banyak rearguard yang ada
  • Powerful Vanguard = Vanguard pada deck Seekers memiliki skill sendiri yang cukup kuat dan makin terbantu dengan support dari rearguardsnya
Selanjutnya kita melihat playstyle dari kedua ace kita :

Seeker, Thing Saver Dragon


[ACT](VC): Legion 20000 "Blaster Blade Seeker" (If your opponent's vanguard is grade 3 or greater, this unit may return four cards from your drop zone into your deck once, search your deck for the specified card, and Legion)
[AUTO](VC):[Counter Blast (2) & Soul Blast (3) & Choose two cards from your hand, and discard them] At the end of the battle that this unit attacked a vanguard, if this unit is in Legion, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one card named "Seeker, Thing Saver Dragon", ride it as [Stand], shuffle your deck, choose one card named "Blaster Blade Seeker" from your soul, and perform Legion.
[AUTO](VC):When this unit attacks a vanguard, this unit gets [Power]+2000 until end of that battle.

Siapa sih yang gak tau combo ultimate STSD ini? Ya, guardian dragon yang satu ini merupakan salah satu dari sedikit vanguard yang bisa restand 2x dalam satu turn dengan "cukup mudah". Mengapa "cukup mudah"? Kita memerlukan soul yang cukup dan counter blast yang cukup untuk dapat mengaktifkan skillnya 2x. Banyak orang yang bilang kalau STSD sangat sulit memainkannya, kita butuh Margal dari BT02 yang sudah sangat susah dapetnya (meskipun akan direprint di G TD02) dan lain2nya. Tapi sebenarnya cukup mudah, dan saya akan membahas build STSD murni benar2 dari BT16 ke atas, jadi tak perlu mengubek2 kartu2 relic yang lama. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelumnya :
  1. WAJIB pakai starter yang dapat masuk ke soul. Disarankan memakai "Advance Party Seeker, File" atau "Libergal"
  2. Legion 2x agar soul cukup. Sangat disarankan untuk sebelumnya ride ace selain STSD
  3. Pakai Counter Blast dengan efektif
Pros :
  • Ultimate Finisher
  • Deck shuffle setiap restand
  • Tidak bergantung kepada rearguard
Cons :
  • Penggunaannya cukup sulit karena CB dan soul yang terbatas
  • Tidak bisa stack trigger setelah stand
Number in deck = WAJIB 4

Light Source Seeker, Alfred Exiv


[ACT](VC): Legion 20000 "Blaster Blade" or "Blaster Blade Seeker" (If your opponent's vanguard is grade 3 or greater, this unit may return four cards from your drop zone into your deck once, search your deck for the specified card, and Legion)
[CONT](VC):During your turn, if this unit is Legion, this unit gets [Power]+1000 for each other units you have with "Seeker" in its card name. Then, if the number of rear-guards you have is five or more, this unit gets [Critical]+1.
[ACT](VC):[Counter Blast (2)-card with "Seeker" in its card name] Search your deck for up to one card with "Seeker" in its card name, call it to (RC), and shuffle your deck.

Alfred yang kembali muncul dengan armor barunya untuk kesekian kalinya. Kali ini Alfred kembali muncul dengan skill yang cukup simple namun sebenarnya mematikan. Pressure untuk early battle sangatlah tinggi dengan Criticalnya yang cukup sadis ditambah 8 trigger Critical yang ada di deck
Pros :
  • Skill yang cukup konsisten
  • Power yang tinggi dengan Critical 2 di early game
  • Dapat menggunakan skill superior call bila terdesak
Cons :
  • Terkadang untuk memenuhi syarat 5 rearguard cukup sulit
  • Ketergantungan pada rearguard
  • Sulit melawan deck berbasis retire atau lock
Number in Deck : 3 atau 4

Oh ya, tentu saja sebagai deck Seeker ada satu kartu WAJIB yang harus dipakai, yaitu bushin kita :
Blaster Blade Seeker (BBS)


[AUTO]:[Counter Blast (1)] When this unit is placed on (RC), if you have a vanguard with "Seeker" in its card name, you may pay the cost. If you do, choose one of your opponent's grade 2 or greater rear-guards, and retire it.

Siapa sih yang gak tau Blaster Blade? Swordman of Light kini kembali dengan title yang baru, yaitu Seekers, dan juga skill yang sedikit berubah
Kenapa BBS harus masuk deck?
  1. Merupakan Legion Mate dari semua ace Seekers yang ada dibahas di atas
  2. Inti dari pressure support rearguard
  3. Skill yang mudah dipakai
Number in deck : WAJIB 4


Starter Vanguard :

Advance Party Seeker, File


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[AUTO](RC):[Put this unit into your soul] When your vanguard performs Legion, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one card named "Blaster Blade Seeker", call it to (RC), and shuffle your deck.

Libergal


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Counter Blast (1) & Put this unit into your soul] Look at up to five cards from the top of your deck, search for up to one grade 3 or greater card from among them, reveal it to your opponent, put it into your hand, and shuffle your deck.

Untuk Libergal agak sulit mendapatkannya karena tidak lebih dari 200 unit ada di Indonesia :') Unit ini hanya bisa didapat dari mengikuti WGP 2014


Berikutnya ada beberapa unit support yang sangat disarankan:

Glynngal Seeker


[AUTO](RC):[Choose a card from your hand, and put it on the bottom of your deck] When an attack hits a vanguard during the battle that this unit boosted, if you have a unit named "Blaster Blade Seeker" in the same column as this unit, you may pay the cost. If you do, draw a card, choose a card from your damage zone, and turn it face up.

Support terpenting yang menjadi inti pressure dari deck ini. Sebagai deck yang perlu CB sangat banyak, unit ini sangatlah membantu penghematan CB. Berikut ini adalah beberapa saran untuk pemakaian yang efektif;
  • Unit ini harus diposisikan pada posisi rearguard di belakang vanguard. Karena setiap ace yang digunakan berpasangan dengan BBS sebagai matenya, maka setiap unit ini mem boost vanguard yang sudah Legion dan hit, maka otomatis akan unflip 1 kartu setiap kalinya.
  • Kembalikan STSD yang berlebih di tangan ke bottom deck dengan costnya.
  • Karena powernya hanya 6000, sebaiknya jangan di posisikan di belakang rearguard dengan Power hanya 9000 kebawah
Number in deck : 3 atau 4

Flail Seeker, Hasbasado


[AUTO]: When this unit is placed on (RC), if your vanguard is in Legion, this unit gets [Power]+4000 until end of turn.

Power Creep. Satu kata yang dapat mendefinisikan unit ini. Pada saat di call ke reaguard saat vanguard Legion, maka ia akan mendapat tambahan Power sebesar 4000. Bila memboost unit dengan Power 10000 ke atas maka akan menciptakan "Magic Number"
  • Jangan call unit ini sebelum vanguard Legion (Bochuan men)
  • Call unit ini pada saat anda memiliki unit dengan Power 10000 ke atas (Hitter 10k atau 12k, vanilla 10k, grade 3)
Number in deck : 3 atau 4

Excellent Talent Seeker, Maddan


[AUTO](RC):[Counter Blast (1)] When this unit attacks a vanguard, if you have a unit named "Blaster Blade Seeker" in your (VC), you may pay the cost. If you do, this unit gets [Power]+1000 for each other unit you have with "Seeker" in its card name until end of that battle.

Power Creep. Bisa digunakan untuk finisher pembantu bila memiliki CB berlebih (bisa karena heal ataupun unflip). Bisa di kombo dengan Hasbasado menjadi Magic Number 26000 yang cukup sakit bagi hand musuh
  • Jangan dipakai bila tidak memiliki CB yang berlebih
  • Perhatikan jumlah rearguard apakah cukup untuk membuat Magic Number
Number in deck : 2 atau 3

Crossbow Seeker, Gildas


[AUTO](RC):[Counter Blast (1)] When your vanguard performs Legion, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one card with "Seeker" in its card name, call it to (RC), and shuffle your deck.

Sangatlah bagus untuk mengisi reaguard untuk syarat skill Alfred maupun untuk rush. Sangat berguna untuk memanggil Glynngal
  • Bila tidak ada Glynngal di field maupun tangan, gunakan skill unit ini untuk memanggil unit tersebut. Ditambah bila attack vanguardnya hit, maka akan unflip 1 kartu, alias costnya menjadi gratis
  • Perhatikan jumlah CB yang ada
Number in deck : 3

Perfect Guard atau Quintet Wall?
Sangat disarankan untuk membawa 4 PG dalam deck ini atau maksimal 3 PG dan 1 QW. Tapi bila anda menggunakan starter Libergal, sangat disarankan membawa 4 PG karena CBnya cukup berat... (Trust me, sangat berat)
Haruskah pakai PG Seeker? Tidak wajib, hanya beberapa unit yang CBnya rasis

Other unit :
Natural Talent Seeker, Valrod (Vanilla G2)


Full Bloom Seeker, Cedric (Hitter 12k G2)


Good Faith Seeker, Cynric (Hitter 10k G1)



Berikutnya saya akan memberikan contoh deck saya :

Grade 3 (8) :
Seeker, Thing Saver Dragon x 4
Light Source Seeker, Alfred Exiv x 4

Grade 2 (11) :
Blaster Blade Seeker x 4
Full Bloom Seeker, Cedric x 2
Natural Talent Seeker, Valrod x 3
Talented Seeker, Maddan x 2

Grade 1 (14)
Flail Seeker, Hasbasado x 3
Glynngal Seeker x 3
Guardian Law Seeker, Shiron x 4
Good Faith Seeker, Cynric x 4

Grade 0 (17) :
Libergal x 1
Critical x 8
Draw x 4
Heal x 4


Combos :

STSD Double Restand
Seperti yang sudah ditulis di atas, namun ada beberapa saran:
  • Bila ada Glynngal di belakangnya, usahakan boost untuk attack yang terakhir agar pressurenya musuh mengguard attack yang lebih kecil terlebih dahulu, dan kemungkinan unflip pada attack terakhir
  • Kembalikan semua STSD yang ada di hand maupun drop zone ke deck dengan cara legion
  • Berdoalah supaya drive check mu jangan STSD (This is sucks)
  • Berikan semua power dari Trigger ke rearguard karena STSD tidak membawa efek trigger setelah restand, sekaligus agar rearguardmu memiliki power yang besar
  • Usahakan anda memiliki 5 damage saat ini

Let Alfred do the best and STSD will do the rest
Sebisa mungkin gunakan Alfred terlebih dahulu sebelum STSD, hal ini memiliki beberapa alasan:
  • STSD membutuhkan soul awal sebanyak 5 untuk dapat restand 2x
  • Mendorong musuh untuk guard (ditambah dengan pressure Glynngal)
  • Membuat musuh ke damage 5 sebelum STSD menyerang (Kombo STSD pada damage ke 5 sangatlah mematikan)

Maddan + Hasbasado Super Power
Call Hasbasado di belakang Maddan saat vanguardmu Legion dan memiliki 5 rearguards. Maddan saat menggunakan skill akan memiliki Power 15000 dan Hasbasado boost dengan Power 11000 menjadikan total Power 26000 sehingga bila vanguard lawan memiliki Power 11000 harus mengguard 20000

Don't Hestitate to Use First Counter Blast
Usahakan awal-awal anda menggunakan paling tidak 1 Counter Blast agar heal dan unflip dari Glynngal tidak menjadi mubazir


Hal-hal yang perlu di perhatikan :

Starter Vanguard is The Key
Starter jangan sampai di retire musuh, karena bila demikian akan mengurangi jumlah soul yang ada
  • Bila lawan memiliki unit yang memiliki kemampuan untuk meretire starter seperti Blaster Dark Revenger "Abyss" ataupun Linchu. Bila melihat starter awal Linchu maupun starter Revenger, kalau bisa gunakan skill secepatnya bila menggunakan Libergal. Bila menggunakan File, jangan dikeluarkan dari soul saat ride

Sing Saver Need Persona Ride
  • Bila STSD masuk ke Damage Zone, usahakan bila mendapat heal, utamakan mengheal STSD dahulu sebelum trigger (tergantung situasi)
  • Masukan semua STSD dari drop zone ke deck saat Legion STSD
  • Pastikan ada 2 atau lebih STSD di deck saat akan melakukan double restand STSD

Use Counter Blast Wisely
Dengan CB yang terbatas, gunakan CB seperlunya dan seefektif mungkin. Sisakan 4 CB yang terbuka ketika akan menggunakan skill STSD

Luckily don't get any Alfred First
Bila tidak mendapatkan Alfred terlebih dahulu, melainkan langsung STSD anda akan dihadapi 2 pilihan:
  • Gunakan skill restand terpisah. Gunakan skill STSD sekali terlebih dahulu, bila mendapatkan STSD lain, ride dan dapat digunakan lagi skillnya
  • Tidak menggunakan skill dan ride STSD lain agar soul cukup untuk 2x restand. Tindakan ini cukup risky karena hanya menyisakan 2 STSD di deck

Very Lucky to Not Get Any SSSD
Bila tidak mendapat SSSD, maka ada kekurangan dan kelebihan:
  • Kekurangannya anda tidak dapat memakai Ultimate Combo deck ini
  • Kelebihannya anda dapat memakai CB support unit sampai habis (BBS, Maddan, Gildas) untuk membantu advantage

STSD Persona Drive Check
Usahakan ada 3 STSD di deck ketika akan menggunakan skill double restand nya, jadi apabila ter drive check 1 STSD, masih ada 2 STSD di deck. Apabila anda cukup hoki untuk Drive Check lebih dari 1 STSD, maka anda mau tidak mau me ride ulang next turn untuk mengembalikan STSD ke deck

Sekian artikel yang saya tulis kali ini, mohon maaf bila ada kata yang salah :')

*Sekedar info nama official Sing Saver di versi inggris adalah Seeker, Thing Saver Dragon dan Alfred XIV menjadi Light Source Seeker, Alfred Exiv

Regards   
   

Nepu    

No comments:

Post a Comment