Sunday 26 October 2014

(Summary & Review) Vanguard G Episode 01 "Chrono Shindou"


Seperti yang kita semua tau kalau minggu ini anime vanguard sudah memasuki season baru, yaitu Vanguard G (Generations). Sekarang kami akan memberikan summary dan review dari animenya yang baru saja keluar tadi pagi.
-SPOILER ALERT-

SUMMARY


Pada saat kita mulai menonton, kita langsung disambut dengan cardfight antara Katsuragi Kamui dengan deck Nova Grappler-nya dan Mamoru Anjou dengan deck Kagero-nya. Langsung saja penonton disuguhkan dengan kehadiran Generation Unit (G-Unit) dari Kagero milik Mamoru


Dari battle yang berlangsung, kita dapat melihat bahwa terdapat banyak sekali perbedaan dari anime yang sebelumnya. Animasi pada Vanguard G jauh lebih baik dari anime sebelumnya, animasi berjalan dengan mulus dan tidak statis seperti anime yang lalu, dan akhirnya suara naga tidak sama semua lagi seperti dulu :>

Setelelah itu kita diajak untuk melihat protag baru kita, Chrono Shindou yang sedang berdiri di zebra cross yang buat para mobil ga bisa lewat dan ternyata dia melindungi Sub Manager Jr (Black) dari Card Capital 2 :3

nyaa~ :3

Langsung saja setelah itu kita disambut dengan opening song yang baru berjudul "Break It" yang dinyanyikan oleh Mamoru Miyano. Dalam opening ini kita dapat melihat berbagai unit baru dan banyak karakter baru lainnya.



Setelah itu kita dapat menyaksikan kehidupan sehari-hari di sekolah Chrono dan bagaimana dia mendapatkan decknya entah dari mana yang tiba-tiba ada di lokernya beserta dengan sebuah peta. Kita dapat melihat perbedaan sifat yang besar antara Chrono dengan protag yang sebelumnya (Aichi Sendou). Chrono adalah seorang yang cukup ditakuti di sekolahnya karena rumornya dia dapat mengalahkan anak SMA dalam perkelahian sementara dulu Aichi adalah korban bully. Setelah sekolah berakhir, Chrono memutuskan untuk pergi ke tempat yang ditujukan pada peta yang dia dapatkan di lokernya dan menemukan bahwa tempat yang dimaksudkan di peta adalah Card Capital 2 (CC2). Di dalam CC2 Chrono menemukan Kamui dan Mamoru sedang bertarung lagi, setelah pertarungan berakhir Kamui menyapa Chrono yang belum pernah dilihatnya datang ke CC2. Chrono pun menanyakan tentang decknya yang baru ditemukannya kepada Kamui, yaitu Gear Chronicle. Kamui pun bingung karena belum pernah melihat deck tersebut, begitu juga seisi CC2. Setelah itu Kamui langsung mengajak Chrono untuk melakukan cardfight.

Sub Manager Jr (White)

Cardfight kali ini lebih menonjolkan animasi dan pergerakannya yang luwes, sistem call ataupun ride juga menunjukan simbol clan berputar di sekeliling unitnya saat akan melakukan ride/call, tetapi dalam battle ini tidak ada skill effect yang ditunjukan (mungkin untuk menjaga spoiler TD dan BT yang baru) dan Drive Check pun tidak ditunjukan, hanya Damage Check yang ditunjukan.

Stand trigger Nova Grappler. Yellow haired Miku???

Battle pun mendekati akhir ketika Chrono sudah mencapai damage ke-5 sementara Kamui ada pada 3 damage. Pada turn yang menentukan ini Chrono berhasil melakukan Stride "Interdimensional Dragon, Mystery Flare Dragon" dan berhasil memberikan 3 damage kepada Kamui dan membuatnya menang dalam cardfight ini.


Interdimensional Dragon, Mystery Flare Dragon

Setelah selesai battle, Chrono pun langsung menjadi terkenal oleh orang-orang di CC2 karena clan barunya yang belum pernah dilihat orang lain dan berhasil mengalahkan Kamui. Kamui pun melihat ace milih Chrono yaitu Chrono Jet Dragon dan menyadari bahwa nama Chrono dan kartu tersebut sama. Setelah keluar dari CC2, Chrono memutuskan untuk melanjutkan perjalanan Vanguardnya dan episode ini pun berakhir setelah Chrono berlari melewati sesosok yang familiar. Setelah itu anime ini ditutup dengan Ending song berjudul "Dakara Genki for You" yang dibawakan oleh Izumi Kitta yang merupakan VA dari Tokura Misaki.

Siapakah dia? :x


REVIEW 

by Nepu
Pada episode ini (mungkin mulai episode ini) mungkin Bushiroad mengeluarkan lebih banyak budgetnya unuk meningkatkan kualitas animasi yang ada sehingga animasi pada episode ini bisa dibilang memuaskan dan seru untuk ditonton. Tapi karena tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, tentu saja ada beberapa kekurangan juga.

by Blanc sama
Overall eps 1 sih lumayan, udah ada improvement di animasi. So kita lihat sang protagonist baru Chrono Shindo memasuki dunia vanguard untuk pertama kalinya (Tapi hebatnya kok langsung ngerti cara mainnya ya). Dan tentu juga eps ini mem feature stride yang nanti boleh legal dipakai tanggal 24 November saat TDG 01 dan 02 keluar.

Pros :

  • Animasi yang jauh lebih bagus dan luwes dibandingkan dengan season sebelumnya
  • Banyak terdapat perubahan sistem yang menarik pada cardfight yang dilakukan dan berkesan lebih futuristik
  • Karakter yang ditampilkan memiliki sifat yang unik dan menarik untuk diikuti
  • OST sangat menambah semangat untuk menonton
Cons :
  • Battle yang ada tidaklah lagi menjelaskan detail pertarungan seperti Drive Check dan skill-skill unitnya
  • Agak aneh karena Chrono seperti sudah biasa melakukan cardfight padahal dia baru saja pertama kali melakukan cardfight
  • Tidak seperti episode 1 pada season-season sebelumnya, episode ini lebih menjelaskan "Apa itu Vanguard" dibandingkan "Bagaimana cara bermain Vanguard?" sehingga cukup aneh seperti poin yang baru saja saya jelaskan di atas
Overall anime ini sangat menarik untuk ditonton dan diikuti. Saya sangat menunggu untuk episode2 kedepannya dan skill unit2 yang baru.

No comments:

Post a Comment