Wednesday 12 November 2014

Blazing Flames of The Hellish Empire (Perditions Deck Profile)

"Bakar. Bakar. Bakar. Bakar." mungkin adalah kata2 yang paling sering diucapkan saat bermain menggunakan deck ini. Tak lain deck yang saya maksud adalah deck Kagero Perditions yang berbasis sang naga merah yang kembali untuk kesekian kalinya, yaitu Perdition Imperial Dragon, Dragonic Overlord "The Great" dan jendralnya; Perdition Dragon, Vortex Dragnewt.


Seperti biasa, mari kita lihat playstyle Perditions:

  • Field Demolisher = Tipikal clan Kagero, inti utama dari permainan Perditions adalah menghancurkan rearguard lawan. Perditions dapat melakukan hal ini dengan sangat mudah
  • Chain Reaction = Pada playstyle Dragonic Overlord, Chain Reaction antar unit sangatlah penting dan menjadi inti dari permainan
  • Badass Power = Tentu saja vanguard yang memiliki Power yang cukup besar juga menjadi ciri khas tersendiri dari Perditions
Selanjutnya mari kita lihat kedua boss unit kita :

Perdition Imperial Dragon, Dragonic Overlord "The Great"


[ACT](VC): Legion 20000 "Perdition Dragon, Dragonic Neoflame" (If your opponent's vanguard is grade 3 or greater, this unit may return four cards from your drop zone into your deck once, search your deck for the specified card, and Legion)

[AUTO](VC):[Counter Blast (1) & Choose two cards from your hand, and discard them] At the end of the battle that this unit attacked a rear-guard, if this unit is in Legion, you may pay the cost. If you do, [Stand] all of your vanguard. This ability cannot be used for the rest of that turn. (Even if you do not pay the cost, this ability cannot be used for the rest of that turn.)
[AUTO](VC):[Choose one of your rear-guards with the same name as a unit in your (VC), and retire it] When this unit's attack hits, you may pay the cost. If you do, choose one of your opponent's rear-guards, and retire it.

Dragonic Overlord yang muncul kembali dalam bentuk baru untuk kesekian kalinya yang sekarang lebih berotot, tentu saja sebagai vanguard pertama yang dapat meng restand dirinya sendiri, unit ini juga memiliki kemampuan yang sama. Dengan pemakaian yang tepat, unit ini dapat membersihkan field lawan dengan cukup mudah. Ada beberapa tips agar pemakaian unit ini menjadi efektif :
  1. Pada saat menyerang rearguard, jangan di boost. Pergunakan boost saat unit ini menyerang vanguard musuh
  2. Gunakan 8 Critical trigger untuk menambah pressure
  3. Berikan trigger pada serangan pertama kepada vanguard agar Powernya menjadi lebih besar
  4. Serang menggunakan copy unit ini pada rearguard terlebih dahulu agar dapat dipakai untuk cost skill ke 3 nya, tetapi usahakan masih ada rearguard di kiri/kanan yang Stand untuk memberikan efek trigger dari serangan keduanya
Pros :
  • Banyaknya support unit yang mensupport 'Dragonic Overlord' sehingga sangat banyak variasi kombo yang dapat dibuat
  • Merupakan vanguard yang sangat konsisten dengan skill yang irit dan mudah digunakan serta memberikan minus pada lawan
  • Efek trigger tetap dapat dibawa setelah menggunakan skill restand
Cons :
  • Bila melawan clan yang dapat menghilangkan rearguard depan miliknya sendiri seperti Bermuda Triangle, Murakumo dan Spike Brothers, skill unit ini tidak dapat digunakan
  • Skill ke-3 nya relatif sulit untuk digunakan
  • Memiliki base Power saat menyerang hanya 20000, sehingga bila tidak di boost musuh tidak akan kesulitan mengguardnya
Number in deck = 4

Perdition Dragon, Vortex Dragnewt


[ACT](VC): Legion 20000 "Perdition Dragon, Whirlwind Dragon" (If your opponent's vanguard is grade 3 or greater, this unit may return four cards from your drop zone into your deck once, search your deck for the specified card, and Legion)
[ACT](VC):[Counter Blast (2) & Choose one card with the same name as a unit in your (VC) from your hand, and discard it] If this unit is in Legion, choose up to two of your opponent's grade 2 or less rear-guards, and retire them. Then, if the number of cards in your opponent's damage zone is four or less, choose one of your opponent's vanguard, deal it one damage, and during that damage check, all trigger effects are nullified. This ability cannot be used for the rest of that turn.
[AUTO](VC):During your main phase, when your opponent's rear-guard is put into the drop zone, this unit gets [Power]+3000 until end of turn.

Vortex Dragon yang muncul kembali dengan bentuk yang baru dan jauh lebih kuat. Tujuan menggunakan unit ini hanya satu, yaitu meminuskan musuh seminus2nya. Skill unit ini sangat efektif dan mudah untuk digunakan serta memberikan musuh -2 atau -3 secara mudah. Ada beberapa tips agar penggunaannya menjadi efektif :
  1. Sebisakan pergunakan unit ini sebelum meride Dragonic Overlord untuk mendorong musuh ke damage 5, karena bila telah meride Overlord biasanya unit ini hanya berakhir di rearguard circle
  2. Persiapkan persona blastnya saat unit ini melakukan Legion, semakin cepat menggunakan skill ini semakin baik
  3. Gunakan skill unit ini sebelum musuh mencapai damage 5
  4. Bila memiliki Perdition Battler, Mareiko di rearguard circle, retirelah unit yang sekolom dengan Mereiko agar dapat melakukan unflip damage
Pros :
  • Memiliki skill yang dapat meminuskan musuh dengan mudah dan menegate trigger musuh saat menggunakan skillnya
  • Setelah melakukan skill, Power unit ini akan mencapai 26000 sehingga lawan harus mengguard lebih banyak
  • Dapat mendorong musuh ke damage 4 atau 5 dengan mudah, sehingga musuh akan jarang memberikan no guard pada serangan vanguard, apalagi jika menggunakan 8 atau lebih trigger critical
Cons :
  • Mate dari unit ini adalah hitter 12k, sehingga biasanya jika memakai unit ini, akan sangat jarang hitter 12k digunakan sebagai rearguard karena digunakan sebagai cost persona blastnya
  • Bila musuh sudah memiliki 5 damage, maka skill unit ini hanya menjadi meretire 2 unit musuh dengan cost yang cukup berat
  • Bila tidak memiliki Mareiko di field atau kehabisan soul, cost unit ini akan cukup berat
Number in deck = 4

Tentu saja sebagai Legion unit, kedua unit di atas memiliki mate :

Perdition Dragon, Dragonic Neoflame


[AUTO]:When this unit is placed on (RC), until end of turn, this unit gets "[AUTO](RC):[Counter Blast (1)] When your opponent's rear-guard in the same column as this unit is put into the drop zone, you may pay the cost. If you do, choose one of your opponent's rear-guards in the same column as this unit, and retire it.".

Mate dari Dragonic Overlord, memiliki skill yang cukup efektif karena dapat dichain dengan skill Dragonic Overlord maupun Vortex Dragnewt, bila memiliki Mareiko di belakang unit ini, bisa dibilang retire costnya hanya menjadi soul blast 1 (Perlu diingat Mareiko hanya dapat unflip saat Main Phase). Perlu di diingat kalau syarat untuk mentrigger skill unit ini adalah harus ada unit musuh yang berada pada kolom yang sama dengan unit ini, dan unit ini juga harus meretire unit yang sama dengan kolom unit ini, jadi call unit ini pada kolom yang dimana musuh memiliki 2 rearguard.
Number in deck = 3 atau 4

Perdition Dragon, Whirlwind Dragon


[AUTO](RC):When this unit attacks, if you have a vanguard with "Perdition" in its card name, this unit gets [Power]+3000 until end of that battle.

Tipikal hitter 12k.
Number in deck = 3 atau 4


Selanjutnya saya akan memberikan beberapa rekomendasi unit yang dapat digunakan :

Perdition Battler, Mareiko


[AUTO](RC):[Soul Blast (1)] During your main phase, when your opponent's rear-guard in the same column as this unit is put into the drop zone, if you have a vanguard with "Perdition" in its card name, you may pay the cost. If you do, choose a card from your damage zone, and turn it face up.


Merupakan unit yang sangat penting dalam build Perdition untuk menghemat CB. Paling efektif digunakan dengan skill Vortex Dragnewt atau Menace Laser. Perlu diingat kalau skill unit ini hanya bisa dilakukan pada saat Main Phase.
Number in deck = 4

Perdition Dragon, Menace Laser Dragon


[AUTO]:[Counter Blast (1)] When this card is placed on (RC), if you have a vanguard with "Perdition" in its card name, you may pay the cost. If you do, choose one of your opponent's rear-guards in the same column as this unit, and retire it.

Tipikal on call retiring unit. Cukup bagus untuk early game
Number in deck = 2 atau 3

Perdition Dragon Knight, Elham


[AUTO](RC):When your vanguard performs Legion, choose up to one of your opponent's rear-guards in the same column as this unit, and retire it.

Retire gratis, why not?
Number in deck = 2 atau 3

Dragon Monk, Gojo


[ACT](VC/RC): [Rest this unit & Choose a card from your hand, and discard it] Draw a card.

Hand refresher, sekaligus untuk mengisi drop zone untuk legion. Agak susah mendapatkannya karena merupakan unit lama.
Number in deck = 3 atau 4

Perdition Dragon Knight, Tarayev


[AUTO](RC):When your opponent's rear-guard in the same column as this unit is put into the drop zone, if your vanguard is in Legion, this unit gets [Power]+5000 until end of turn.

Pressure unit on same column retire + 5000, sangat bagus bila dikombo dengan Dragonic Overlord maupun Vortex Dragnewt. Cukup memberikan pressure bisa Dragonic Overlord menyerang rearguard yang sekolom dengan unit ini, bila hit akan memberikan tambahan Power + 5000, dengan boost 7000 akan membuat Power unit ini menjadi 21000 saat menyerang, apalagi kalau ditambah skill ke-3 Dragonic Overlord maupun Petal Flare untuk meretire 1 unit lagi di kolo yang sama, akan menambah Power unit ini menjadi 10000. Masih banyak variasi kombo yang dapat dilakukan unit ini. (Thnx to Chibi Riku for reference)
Number in deck = 3 atau 4


Perdition Dragon, Petal Flare Dracokid


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[AUTO](RC):[Put this unit into your soul] When your vanguard performs Legion, you may pay the cost. If you do, choose your vanguard, and until end of turn, that unit gets "[AUTO](VC):When this unit's attack hits, choose one of your opponent's rear-guards, and retire it.".
Starter


Red Pulse Dracokid


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Counter Blast (1) & Put this unit into your soul] Look at up to five cards from the top of your deck, search for up to one grade 3 or greater «Kagerō» from among them, reveal it to your opponent, put it into your hand, and shuffle your deck.

Searcher grade 3. Starter alternatif.


Berikutnya saya akan memberikan contoh deck build saya :

Grade 3 (8)
Perdition Imperial Dragon, Dragonic Overlord "The Great" x 4
Perdition Dragon, Vortex Dragnewt x 4

Grade 2 (11)
Perdition Dragon, Dragonic Neoflame x 4
Perdition Dragon, Whirlwind Dragon x 4
Perdition Dragon, Menace Laser Dragon x 3

Grade 1 (14)
Perdition Dragon, Rampart Dragon (Null) x 4
Perdition Battler, Mareiko x 4
Dragon Monk, Gojo x 4
Calamity Tower Wyvern x 2

Grade 0 (17)
Perdition Dragon, Petal Flare Dracokid x 1
Perdition Dragon Knight, Tuvar (Critical) x 4
Perdition Dragon, Buster Rain Dragon (Critical) x 4
Perdition Dragon, Glutton Dracokid (Draw) x 4
Perdition Dancer, Agafia (Heal) x 4


Selanjutnya mari lihat combo/playstyle yang ada :

Dragonic Chain Reaction
Kombo favorit saya, menggunakan skill Petal Flare, Dragonic Neoflame dan Dragonic Overlord. Kombo ini dapat meretire 4 rearguard musuh, bahkan bisa 5 bila anda memiliki field yang bagus. Berikut stepnya :

  1. Vanguard perform Legion, masukan Petal Flare ke dalam soul untuk mendapatkan skillnya. Siapkan Dragonic Neoflame di rearguard
  2. Serang dengan menggunakan persona copy vanguard (Dragonic Overlord atau Neoflame)
  3. Serang rearguard dengan vanguard, bila hit; [Lawan - 1]
  4. (Bila memiliki 2 Neoflame di rearguard circle kiri dan kanan) Gunakan skill Neoflame pertama untuk meretire unit musuh pada kolom yang sama dengan target attack Dragonic Overlord [Lawan - 2]
  5. Gunakan skill starter untuk meretire rearguard musuh pada kolom yang sama dengan Neoflame [Lawan - 3]
  6. Gunakan skill Neoflame untuk meretire unit pada kolom yang sama [Lawan - 4]
  7. Gunakan skill ke-3 Dragonic Overlord untuk meretire sisa unit musuh yang ada di field [Lawan - 5]

Total Cost = 2 CB kalau menggunakan 1 Neoflame. 3 CB bila menggunakan 2 Neoflame.

Soul Trinity Flame
Saat menggunakan skill Vortex Dragnewt, retire rearguard musuh yang sekolom dengan Mareiko agar dapat mengunflip damage dengan cost soul blast 1. Bila memiliki 2 Mareikou pada kolom yang berbeda, skill keduanya dapat digunakan agar mengganti CB yang digunakan dengan soul


Hal-hal yang perlu diperhatikan :

Remember The Basic Rule
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak melakukan missplay

  • Skill Dragonic Neoflame hanya berlaku pada turn unit tersebut di call ke rearguard circle
  • Skill Mareiko hanya bisa digunakan pada saat Main Phase, jadi tidak dapat dikombo dengan Dragonic Overlord
  • Skill Petal Flare hanya dapat ditrigger saat vanguard melakukan Legion
  • Skill retire yang tidak terkekang dengan syarat sekolom hanyalah milik Petal Flare dan Dragonic Overlord


Persona Skills
Meskipun tidak rasis, tapi skill ke-2 Vortex Dragnewt dan skill ke-3 Dragonic Overlord memerlukan persona copy, jadi ada baiknya menjaga copy tersebut agar tidak terbuang sebelum sempat digunakan.

There is a Limit to Everything
Seperti yang barusan dikatakan di atas, kedua ace kita memerlukan persona copy, tapi tak ada gunanya juga menyimpan terlalu banyak persona copy di tangan


Sekian ulasan saya kali ini, mohon maaf bila ada kata yang aneh atau tidak berkenan. Semua kritik dan masukan anda saya terima dan evaluasi untuk artikel saya selanjutnya :)


Regards    


Nepu    

2 comments:

  1. Kalo ane bilang sih G2 bisa juga pake Tarayev, kalo FVGnya Petal Flare. Dia bisa maksa lawan guard pake 3-4 stage di late game dgn bantuan DOTG+Petal.

    ReplyDelete
  2. sep thnx ya masukannya, ntar sy masukin ke list recommended cards ^_^

    ReplyDelete