Thursday 13 November 2014

Divine Angels Injection (Power Based Celestials Deck Profile)

Pada hari ini saya akan membahas satu lagi deck favorit saya. Sejak muncul Legion deck ini bisa dikatakan tidak lagi memiliki boundary apapun, dan Damage Zone berlaku seperti hand ke-2. Apakah itu? Tidak lain adalah para Angel Feathers, yaitu tepatnya para Celestials.


Apa saja sih playstyle Celestials?

  • Damage is Your Second Hand = Damage Zone pada deck Celestial ibarat seperti hand ke-2 karena sangatlah mudah untuk menukar kartu pada Damage Zone dengan kartu yang ada di tangan. Ditambah dengan Legion, Celestials tidak lagi memiliki boundary pada Damage Zone maupun Drop Zone
  • Persona Damage = Semua ace Celestial memiliki syarat ada copy-nya di Damage Zone agar skillnya dapat diaktifkan/semakin kuat
  • Power Creep = Pada build Celestial ada 2 tipe, Power Creep dan Field Scrambler. Pada deck profile kali ini saya akan membahas build Power Creep yang berorientasi pada Power semua unit baik vanguard maupun rearguard yang sangat besar

Dalam deck ini ada 2 ace utama yang dapat digunakan. Mari kita lihat satu per satu para malaikat ini :

Solidify Celestial, Zerachiel


[CONT](VC) Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage):During your turn, if you have a face up card named "Solidify Celestial, Zerachiel" in your damage zone, all of your units with "Celestial" in its card name get [Power]+3000.
[ACT](VC):[Counter Blast (2)-card with "Celestial" in its card name] This unit gets [Power]+5000 until end of turn.
[CONT](VC/RC): Lord (If you have a unit without a same clan as this unit, this unit cannot attack)

Ace yang satu ini memiliki skill yang membuat rearguard anda memiliki Power yang sangat besar ditambah lagi dengan supportnya seperti Underlay Celestial, Hesediel akan menambah destructive Power unit anda. Ada beberapa saran agar penggunaan Zerachiel menjadi lebih efektif :
  1. Gunakan Candle Celestial, Sariel untuk mendapatkan copy-nya di Damage Zone dengan mudah atau Nursing Celestial, Narell bila memiliki copy-nya di hand
  2. Sangat baik bila memiliki Underlay Celestial, Hesediel sebanyak 2 atau 3 copy di field maupun hand saat menggunakan skillnya karena dapat mencapai Magic Number 26000 dengan mudah
  3. Bila belum mendapatkan grade 3 di hand, jangan gunakan skill milik Sariel untuk memperkecil kemungkinan missride
Pros :
  • Memiliki skill untuk membuat Power semua unit Celestials menjadi besar
  • Memiliki akses yang mudah untuk membuat rearguard kiri dan kanan memiliki Magic Number sebesar 26000
  • Skill yang mudah dan konsisten
Cons :
  • Sangat rentan terhadap lawan yang berbasis retire
  • Memiliki Limit Break 4 sehingga dapat distall oleh lawan di damage 3
  • Bila anda cukup beruntung untuk mendapat heal pada damage ke 4 dan membuat damage anda menjadi 3, maka skillnya akan tercancel dan Power semua unit (termasuk dia sendiri) berkurang drastis
Number in deck = 4

Holy Edge Celestial, Malchidael


[ACT](VC): Legion 20000 "Dosage Celestial, Asmodel" (If your opponent's vanguard is grade 3 or greater, this unit may return four cards from your drop zone into your deck once, search your deck for the specified card, and Legion)
[CONT](VC):During your turn, if this unit is Legion, all of your units in your front row get [Power]+2000. Then, if you have a face up card in your damage zone with the same card name as a unit on your (VC), all of your units in your front row get [Power]+2000.
[AUTO](VC):When this unit attacks a vanguard, if you have another unit in your middle column, this unit gets [Power]+3000 until end of that battle.

Ace yang satu ini memiliki skill menambah Power front row unit. Meskipun tidak sebesar Zerachiel, unit ini dapat menambah Power milik vanguard dengan sangat besar dan tidak terkekang dengan syarat Limit Break. Ada beberapa cara agar penggunaan Malchidael menjadi maksimal :
  1. Sama seperti Zerachiel, anda dapat memakai Sariel untuk mempermudah mendapatkan copy-nya ke Damage Zone, tetapi karena unit ini memerlukan "Unit yang sama dengan unit di VC" maka kemungkinan mendapatkannya ke hand sangatlah besar sehingga jangan terburu-buru menggunakan skill Sariel. Bisa juga dilakukan dengan skill milik matenya, Asmodel
  2. Dengan Power vanguard yang besar, ada baiknya menggunakan 8 critical trigger untuk menambah pressure
  3. Bisa menggunakan booster 10000 untuk mencapai Power 41000 secara cuma-cuma pada saat Legion
Pros :
  • Memiliki skill yang konsisten dan lebih mudah dipenuhi syaratnya
  • Memiliki Power vanguard yang sangat besar, yaitu 31000 dengan sangat mudah
  • Tidak terkekang dengan syarat Limit Break
Cons :
  • Power yang diberikan kepada rearguard tidak sebesar Zerachiel
  • Cukup rentan terhadap lawan berbasis retire, meskipun solo vanguard sudah cukup sakit untuk lawan
Number in deck = 4

Karena Malchidael adalah Legion unit, tentu saja kita membutuhkan matenya

Dosage Celestial, Asmodel


[AUTO](RC):[Counter Blast (1) & Put this unit into your damage zone] When this unit's attack hits a vanguard, you may pay the cost. If you do, choose a face up card not named "Dosage Celestial, Asmodel" from your damage zone, and call it to (RC).

Mate dari Malchidael. Unit ini dapat memberikan pressure kepada lawan karena dapat memberikan extra attack bila attacknya hit. Unit ini dapat membantu mengaktifkan skill Malchidael dengan cepat, unit ini juga bisa dicombo dengan unit celestial lainnya seperti Danielle.
Number in deck = 3 atau 4


Selanjutnya saya akan memberikan support unit yang dibutuhkan/direkomendasikan :


Candle Celestial, Sariel


[AUTO]:[Counter Blast (1)] When this unit is placed on (RC), if you have an «Angel Feather» vanguard, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one «Angel Feather», put it into your damage zone, and shuffle your deck. If you put a card into the damage zone this way, choose a face up card from your damage zone, and put it into your drop zone.

Unit ini bisa dikatakan corenya deck Celestials. Skill unit ini dapat membantu mengaktifkan skill vanguard dengan mengirim persona copy vanguard ke Damage Zone dengan relatif mudah. Unit ini juga bisa dikatakan sebagai unit yang multifungsional karena dapat melakukan banyak hal, selanjutnya akan saya bahas nanti di bawah.
Number in deck = 3 atau 4

Wild Shot Celestial, Raguel


[AUTO](RC):When this unit attacks, if you have a vanguard with "Celestial" in its card name, this unit gets [Power]+3000 until end of that battle.

Tipikal hitter 12k. Unit ini memiliki peranan yang sangat besar dalam Power building deck ini karena memiliki akses untuk mencapai magic number 21000 maupun 26000 (menggunakan skill Zerachiel) dengan mudah.
Number in deck = 4

Emergency Celestial, Danielle


[AUTO](Damage zone):[Counter Blast (1)-another card with "Celestial" in its card name] When another card is put into your damage zone, if you have an «Angel Feather» vanguard, you may pay the cost. If you do, call this card to (RC), and put the top card of your deck into your damage zone.

Support unit yang memungkinkan kita mendapatkan plus dengan mudah dan dapat dikombo dengan unit yang lain dengan mudah. Detailnya akan saya bahas di bawah.
Number in deck = 3 atau 4

Nursing Celestial, Narelle


[AUTO]:[Choose one card with "Celestial" in its card name from your hand, and put it into your damage zone] When this unit is placed on (RC), if you have an «Angel Feather» vanguard, you may pay the cost. If you do, choose one card from your damage zone, and put it into your hand.

Support unit untuk menukar kartu di hand dengan di Damage Zone. Berfungsi juga sebagai unflipper. Unit ini merupakan unit wajib di deck Celestial.
Number in deck = 4

Underlay Celestial, Hesediel


[CONT](VC/RC):During your turn, if you have a face up card named "Solidify Celestial, Zerachiel" in your damage zone, this unit gets [Power]+3000.

Support unit dengan syarat ada persona copy Zerachiel di Damage Zone. Berfungsi untuk memberikan boost sebesar 9000, bila memboost Raguel akan memberikan total Power sebesar 21000.
Number in deck = 3 atau 4

Battle Cupid, Nociel


[AUTO]:[Choose an «Angel Feather» from your hand, and put it into your damage zone] When this unit is placed on (GC), if you have an «Angel Feather» vanguard, you may pay the cost. If you do, choose a card from your damage zone, and put it into your hand.

Unit relic yang sangat berguna, dapat digunakan untuk mengambil perfect guard saat turn lawan. Karena unit ini adalah unit RRR dari ekspansi yang sudah lama maka akan sulit untuk mendapatkannya.
Number in deck = 2 - 4

First Aid Celestial, Peniel


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Put this unit into your soul] If you have an «Angel Feather» vanguard, choose one face up card from your damage zone with "Celestial" in its card name, call it to (RC), and put the top card of your deck into your damage zone face down.

Starter vanguard, sangat berguna untuk early rush.


Sekarang saya akan memberikan contoh deck build milik saya :

Grade 3 (8)
Solidify Celestial, Zerachiel x 4
Holy Edge Celestial, Malchidael x 4

Grade 2 (11)
Wild Shot Celestial, Raguel x 4
Dosage Celestial, Asmodel x 4
Emergency Celestial, Danielle x 3

Grade 1 (14)
Battle Cupid, Nociel x 2
Underlay Celestial, Hesediel x 4
Nursing Celesial, Naralle x 4
Adamantine Celestial, Aniel (Perfect Guard) x 4

Grade 0 (17)
First Aid Celestial, Peniel x 1
Punishment Celestial, Shamhaza (Critical) x 4
Critcial Hit Angel (Critical) x 4
Celestial, Landing Pegasus (Draw) x 4
Recovery Celestial, Ramuel (Heal) x 4


Selanjutnya mari kita telusuri combo/playstyle yang ada :

Celestial Power Building
Seperti yang saya katakan di atas, playstyle Celestial yang saya bahas ini adalah Power Creep yang berpusat pada skill vanguardnya. Berikut ini beberapa list combo field yang pas untuk kedua ace/
Zerachiel Based :

  • (Grade 3 + Limit Break) + (Heseiel + Hesediel's Skill + Limit Break) = (11000 + 3000) + (6000 + 3000 + 3000) = 26000
  • (Raguel + Limit Break) + (Heseiel + Hesediel's Skill + Limit Break) = (12000 + 3000) + (6000 + 3000 + 3000) = 27000
  • (8k/9k unit + Limit Break) + (Heseiel + Hesediel's Skill + Limit Break) = (8000/9000 + 3000) + (6000 + 3000 + 3000) = 23000/24000
  • (8k/9k unit/Grade 3 + Limit Break) + (7k Booster + Limit Break) = (8000/9000/11000 + 3000) + (7000 + 3000) = 21000/22000/24000
Malchidael Based :
  • (8k/9k unit + Legion Skill) + (Heseiel + Hesediel's Skill) = (9000 + 4000) + (6000 + 3000) = 21000/22000
  • (Grade 3/Raguel + Legion Skill) + 6k> booster = (11000/12000 + 4000) + 6000> = 21000>/22000>


Love Love Guard!
Mengguard lawan dengan Nociel adalah hal yang sangat efektif, karena Nociel bisa mengaktifkan skillnya untuk menukar kartu di tangan dengan kartu yang Shieldnya lebih besar atau bahkan Perfect Guard yang ada di Damage Zone. Skill Nociel juga dapat mentrigger skill Danielle untuk memiliki Intercept tambahan.

Emergency Call
Danielle memiliki skill yang cukup mudah untuk dipakai. Berikut ini beberapa trigger skill ini yang dapat dilakukan dan dijadikan kombo

  • Guard dengan Nociel
  • Panggil Naralle ke rearguard
  • Menggunakan skill Peniel
  • Menggunakan skill Asmodel akan memberikan tambahan extra attacks
  • Saat menerima damage dari lawan, untuk memberikan extra intercept maupun rearguard
  • Saat Danielle lain di Damage Zone mengaktifkan skillnya
  • Saat menggunakan skill Sariel

Sariel's Magical Pocket
Sariel merupakan unit yang memiliki akses ke deck kita dengan sangat mudah. Perlu diperhatikan untuk mengaktifkan skillnya dengan baik kita memerlukan minimal 2 face up damage di damage zone. Sariel ditambah dengan Naralle dapat menjadikan searcher apapun, bahkan untuk mengambil perfect guard dari deck maupun mencegah missride.


Hal-hal yang perlu diperhatikan :

Persona Damage Activation
Skill vanguard yang membutuhkan Persona Damage hanya aktif apabila persona copy yang ada di damage zone dalam posisi face up, jadi jangan gunakan persona copy yang ada di damage zone untuk counter blast kecuali anda dapat menukarnya dengan persona copy yang ada di tangan.

Sometimes Heal is Not Good
Bila trigger check Zerachiel mendapat heal saat damage ke 4 menjadi 3, skill Limit Breaknya akan hilang, maka semua Power unit di field termasuk Zerachiel sendiri akan kurang drastis. Contohnya bila Zerachiel memiliki Power 26000 saat menyerang, musuh mengguard 31000 menjadikan 1 pass, tetapi Zerachiel mendapat heal trigger saat damage ke 4, maka Power Zerachiel akan turun menjadi 20000 menjadikannya no pass. Saya sendiri biasanya membiarkan damage mencapai 5 saat menggunakan Limit Break milik Zerachiel
 

Sekian ulasan saya kali ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang aneh maupun salah. Semua masukan dan kritik anda akan saya terima dan revisi untuk kedepannya :)


Regards    


Nepu    

No comments:

Post a Comment