Thursday 27 November 2014

(Review) G-TD02 Divine Swordsman of the Shiny Star

Jadi sabtu kemaren orderan saya, yaitu G-TD02 telah sampai. Karena itu sekarang saya akan mereview trial deck ini sesuai dengan pandangan saya.


Trial deck ini agak berbeda dengan trial deck yang sebelumnya. Kenapa? Karena sekarang, dengan hanya membeli 1 buah trial deck kita akan mendapatkan ace sebanyak 2 copy ditambah G-Unit serta null masing2 sebanyak 2 copy! Menarik bukan? Ditambah lagi hanya dengan membeli TD biasa sekalipun kita akan mendapatkan foil RRR sebanyak 4 lembar! Apa saja foilnya?
  • Knight of Blue Heaven, Altomille x 1
  • Vague Sacred Knight, Galblade x 1
  • Knight of Twin Swords x 1
  • Margal x 1
Setiap unit di atas memiliki 2 copy di trial deck ini, jadi 1-nya foil dan 1-nya tidak. Jadi, untuk mendapatkan full holo playset anda harus membeli 4 buah trial deck (seperti saya ・8・).
Bila dibandingkan unit di trial deck ini dengan yang ada di booster set, maka kita sama seperti mendapatkan 2 lembar RRR (Ace G3), 4 lembar RR (Null dan Grade 2 GB1 on boost CB1) dan 2 lembar R (Generic G-Unit).

Untuk Deck List dari trial deck ini dapat dilihat di sini.


Pada Royal Paladin season ini, play stylenya berfokus untuk menaikan Power milik rearguard secara konsisten serta mensuperior call grade 2 ke atas dari deck dengan sangat mudah dan murah. Selanjutnya mari kita lihat ace dari trial deck ini :

Knight of Blue Heaven, Altomille


Grade 3 Power 11000
[CONT](VC) Generation Break 2 (This ability is active if you have two or more face up G Units on your VC and/or G Zone) During your turn, all of your units in your front row get Power +5000.
[AUTO](VC)[CB1] During your turn, when your G Unit Stride, you may pay the cost. If you do, choose up to two cards from your hand, call them to separate RC, choose up to two of your units, and those units get Power + 5000 until end of turn.

Ace unit dari deck ini, sekaligus sebagai Break Stride unit. Unit ini memiliki kemampuan yang sangat konsisten baik saat Generation Break maupun Break Stride. Dengan menggunakan unit ini, bila memiliki rearguard yang benar, maka tidak ada kata powerline di bawah 21000.

Pros :
  • Memiliki skill yang sangat konsisten dan CONT sehingga dapat dicombo dengan unit yang dapat memanggil rearguard saat battle phase
  • Tidak seperti Gancelot BR maupun SSD yang memerlukan rearguard di field saat mereka menggunakan skillnya sehingga sangat rentan terhadap deck retire, skill Break Stride unit ini dapat memanggil rearguard dari hand terlebih dahulu agar tidak menjadi bochuan
  • Dengan skill unit ini, baik Generation Break maupun Break Stride, Power rearguard anda akan menjadi sangat besar
Cons :
  • Bila tidak memiliki booster, powernya akan menjadi biasa saja
  • Bila tidak memiliki rearguard, skillnya tidak akan berjalan dengan efektif

Aura Shooter Dragon


Grade 3 Power 10000
[AUTO](VC) Generation Break 1 (This ability is active if you have one or more face up G Units on your VC and/or G Zone) When this unit attacks a vanguard, this unit gets Power + 6000 until end of that battle.
[AUTO][CB2] When this unit is placed on VC, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one grade 2 or greater card, call it to RC, and shuffle your deck

Ace substitusi. Bila tidak mendapatkan Altomile, unit ini cukup membantu dengan skill pertama maupun keduanya. Perlu diperhatikan untuk memiliki 2 damage saat akan mengaktifkan skill ke-2nya saat ride. Karena unit ini merupakan unit generic, saya rasa tidak perlu untuk dibahas kekurangan dan kelebihannya.


Karena trial deck ini sudah memasuki arc "G", tentu saja ada G-Unit yang disertakan

Vague Sacred Knight, Gablade


Grade 4 Power 15000+
(G Unit cannot be in your main deck)
Stride (Release it when both you and your opponent have a grade 3 or greater vanguard!)-Stride step-[Choose one or more cards with the sum of their grades being 3 or greater from your hand, and discard it] Stride this face down card on your VC
(When you stride, it gets the power and name from one of your hearts, and return this unit at end of turn face up.)
[AUTO](VC) When this unit's attack hits a vanguard, search your deck for up to one grade 2 or greater unit, call it to RC, and shuffle your deck.

G-Unit dalam deck ini. Unit ini memiliki skill yang cukup konsisten dan gratis serta memberikan plus dengan mudah bila dibandingkan dengan Mystery Flare Dragon pada trial deck Gear Chronicle.

Pros :
  • Memiliki skill yang simpel namun dapat memberikan plus dan mengisi field dengan mudah
  • Memberikan pressure pada musuh saat menyerang
  • Memungkinkan untuk melakukan extra attack dengan memanggil rearguard yang baru, bisa juga dikombo dengan stand trigger untuk menstand boosternya
Cons :
  • Skillnya tidak destruktif
  • Bila diguard, unit ini literally menjadi vanilla


Selanjutnya mari kita lihat support unit yang penting dalam deck ini :

Knight of Twin Swords


Grade 2 Power 9000 Shield 5000
[AUTO](VC) Generation Break 1 (This ability is active if you have one or more face up G Units on your VC and/or G Zone)[CB1] When this unit attacks a vanguard, if this unit is boosted, you may pay the cost. If you do, search your deck for up to one grade 2 card not named "Knight of Twin Sword", call it to (RC), and shuffle your deck.

Salah satu dari Special Grade 2 yang dimiliki semua Clan yang ada pada G-BT01 dengan skill yang berbeda tergantung clannya. Karena unit ini adalah Royal Paladin, tentu saja skillnya adalah mensuperior unit dari deck. Unit ini sangat berguna untuk mengisi field ataupun memberikan extra attack. Unit ini juga dapat dicombo dengan unit lainnya dan juga dapat digunakan untuk deck Royal Paladin yang lama seperti MLB dan SSSD.

Knight of Steel Wing


Grade 1 Power 6000 Shield 5000
[AUTO](VC/RC) When this unit is attacked, this unit gets Power + 5000 until the end of that battle

Generic unit yang baru. Meskipun tidak terlalu bagus bahkan bisa dikatakan jelek untuk offense, unit ini merupakan unit anti-rush yang sangat jago. Bila unit ini di ride, musuh akan kesulitan mengrush anda karena Power unit ini akan menjadi 11000 saat diserang. Tentu saja deck tipe rush seperti Aqua Force akan kesulitan menghadapi unit ini saat early game.

Milky Way Unicorn


Grade 1 Power 6000 Shield 5000
[AUTO](RC) Generation Break 1 (This ability is active if you have one or more face up G Units on your VC and/or G Zone) When this unit boosts a vanguard, that unit gets Power + 4000 until end of that battle

Generic 10k G Booster. Booster 10k yang baru dengan syarat Generation break-1. Unit ini sangatlah bagus untuk membuat serangan Altomille menjadi 26k maupun Gablade menjadi 36k.

Knight of Inspiration, Mylius


Grade 0 Power 5000 Shield 10000
[AUTO] Forerunner
[ACT][(RC) Generation Break 1 (This ability is active if you have two or more G Units face up on your (VC) and/or G Zone) [CB1 & put this unit to your soul] Search your deck for up to one grade 2 and call that unit to RC and shuffle your deck

Starter vanguard. Unit ini sangat konsisten karena dapat memanggil grade 2 apapun dari deck.

Margal


Grade 0 Power 4000 Shield 5000 Trigger Draw
[ACT][Put this unit to your soul] Choose up to one of your Royal Paladin, until end turn that unit get Power + 3000

Siapa yang tidak tahu draw trigger yang satu ini? Unit ini merupakan veteran yang sudah ada sejak BT02 dan akhirnya sekarang mendapat reprint di trial deck ini dengan foil RRR. Unit ini merupakan trigger ke-3 yang memiliki foil setelah Lozenge Magus dan Llew sekaligus trigger pertama yang memiliki foil RRR. Unit ini sangat berguna untuk memPower up rearguard anda mencapai angka 21000.


Combos/Play Style


Power in Numbers
Seperti biasa, sebagai Royal Paladin pasti memiliki playstyle utama semakin banyak rearguardnya, semakin kuat unitnya. Tapi kalau dulu Powernya terpusat pada vanguardnya, sekarang Powernya terbagi antara vanguard dan rearguardnya. Dengan full field yang benar saat Stride maupun Generation Break Altomille, tidak ada kata rearguardmu menyerang dengan Power dibawah 21000.

Superior Calling
Royal Paladin memiliki karakteristik untuk memanggil rearguard dari deck, sekarang pun masih demikian tetapi dengan cost yang lebih murah tetapi hanya dibatasi memanggil rearguard grade 2 ke atas saja, jadi anda harus manual call rearguard grade 1 ke bawah.

Multi Attack
Biasanya clan yang dapat melakukan multi attack adalah Aqua Force, tetapi sekarang dengan bantuan Knight of Twin Swords beserta Gablade, Royal Paladin pun dapat melakukan multi attack karena unit2 tersebut dapat mensuperior call saat battle phase. Knight of Twin Sword dapat dicombo dengan Generation Break milik Altomille sehingga unit yang di superior mendapatkan tambahan Power sebesar 5000 karena skill Altomille adalah CONT.


Overall Result


Pros :
  • Memiliki playstyle yang konsisten
  • Dapat mensuperior call rearguard grade 2 ke atas dengan sangat mudah
  • Memiliki Power baik vanguard maupun rearguard yang sangat besar
  • Superior callnya dapat menutupi minus bila melawan clan yang berbasis retire karena cost superior callnya bisa dibilang murah dan mudah
Cons :
  • Tidak dapat mensuperior call grade 1 kebawah sehingga boosternya rentan terhadap retire dan harus mengcall secara manual
  • Akan cukup sulit bila melawan Link Joker
  • Bergantung kepada rearguard


Closing Words


Overall saya sangat menyukai deck ini, dan tentu saja sangat adaptable dengan unit2 lama yang tidak memiliki syarat sub-clan seperti STSD maupun MLB. Next time saya akan membahas upgraded version dari deck ini dengan support baru dari G-BT01 ditambah unit2 yang lama. Sekian ulasan saya kali ini, mohon maaf bila ada kata yang salah, arigatou minna~

Regards,    


Nepu    











No comments:

Post a Comment