Thursday 13 November 2014

Voice of The Deep Sea Divas (Duos Deck Profile)

Idol adalah fenomena yang sedang booming di dunia sekarang, termasuk vanguard tidak ketinggalan dari booming tersebut. Deck yang akan saya bahas kali ini adalah idol dengan tema black and white, apakah itu? Tidak lain mereka adalah anggota dari Project Duo, yang kali ini berbasis Reit dan Meer.


Apa sih playstyle dari Duos?
  • Persona Dualism = Karena satu idol tidaklah cukup, maka para Duo memiliki skill untuk mengambil unit dari deck yang memiliki nama yang sama rearguard di field. Ada juga skill yang memberikan Power kepada semua rearguard yang memiliki nama yang sama, ada juga yang mengembalikan semua rearguard yang memiliki nama yang sama, dan lain2nya.
  • Bounce Bounce Festa = Seperti kebanyakan deck Bermuda Triangle lainnya, deck Duo tentu memiliki playstyle mengembalikan rearguard dari field ke hand. Oleh karena ini deck Duo memiliki resistensi tersendiri kepada deck yang berorientasi menghancurkan field lawan.
  • Destructive Break Ride = Duo merupakan salah satu clan yang memiliki Break Ride yang sangat destruktif, seperti halnya Ethics Reverse dan Blau.

Selanjutnya mari kita lihat ace kita dan breakridenya :

Duo Temptation, Reit



[AUTO](VC) Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage):[Counter Blast (2)] At the end of the battle that this unit attacked a vanguard, you may choose two cards with "Duo" in its card name from your hand, and discard them. If all the cards discarded are of the same name, you may pay the cost. If you do, [Stand] this unit, and this unit gets [Power]+3000 until end of turn. This ability cannot be used for the rest of that turn.
[AUTO](VC):[Soul Blast (1)] When this unit attacks a vanguard, you may pay the cost. If you do, choose one of your rear-guards with "Duo" in its card name, and return it to your hand.
[CONT](VC/RC): Lord (If you have a unit without a same clan as this unit, this unit cannot attack)

Hatsune Miku? Pertanyaan itu selalu muncul saat pertama kali melihat unit ini, hal ini disebabkan karena illustrator unit ini adalah sang official illustrator Hatsune Miku, yaitu KEI. Unit ini cukup bagus dalam offense maupun defense, skill ke-2nya membuat hand anda sangat tebal bila dikombo dengan skill Limit Breaknya. Meskipun memiliki Power yang bisa dibilang cukup kecil, hal ini tidak menjadikan unit ini inferior dibandingkan Restanding unit lainnya. Tentu saja ada beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan unit ini :
  1. Perbanyak unit yang memiliki 4 copy di deck untuk memudahkan penggunaan skill Limit Break nya
  2. Dengan skill ke-2nya anda dapat mengembalikan rearguard di field, bisa digunakan untuk mengaktifkan skill on-bounce, membantu cost Limit Breaknya, mengosongkan field atau menebalkan hand
  3. Bawa unflipper yang cukup, karena unit ini akan sangat banyak memakan CB
  4. Bawa draw trigger sebanyak 6 untuk memudahkan mencari 2 unit dengan naman yang sama ataupun menebalkan tangan. (Jangan bawa 8 draw trigger karena akan riskan deck out)
  5. Usahakan tidak mendiscard unit dengan Shield 10000 karena akan mengurangi unit untuk guard
Pros :
  • Vanguard yang baik dalam offense maupun defense
  • Breakride dengan Meer akan sangat destruktif
  • Skill ke-2nya dapat mentrigger banyak skill unit lainnya
Cons :
  • Bila tidak digunakan dengan benar, Powernya tidak dapat mencapai angka yang tinggi
  • Membutuhkan CB yang banyak, apalagi bila melakukan Break Ride
  • Termasuk vanguard yang rugi apabila mendapat heal trigger pada damage ke 4 karena akan menghentikan Limit Breaknya
Number in deck = 4

Duo True Sister, Meer



[AUTO](VC) Limit Break 4 (This ability is active if you have four or more damage):When a «Bermuda Triangle» rides this unit, choose your vanguard, and until end of turn, that unit gets [Power]+10000 and "[AUTO](VC):[Counter Blast (1)] When this unit attacks a vanguard, you may pay the cost. If you do, return all your «Bermuda Triangle» rear-guards to your hand, choose up to two «Bermuda Triangle» from your hand, and call them to separate (RC).".
[CONT](VC):During your turn, if the number of «Bermuda Triangle» rear-guards you have is four or more, this unit gets [Power]+2000.
[CONT](VC/RC): Lord (If you have a unit without a same clan as this unit, this unit cannot attack)

Break Ride unit ke-2 milik Bermuda Triangle. Skillnya sangat bagus dan efektif karena menebalkan hand dan memberikan attack tambahan, dan dapat mentrigger on-bounce skill. Tentu saja sangat mematikan apabila dicombo dengan Reit. Ada beberapa tips agar penggunaanya lebih efektif :
  1. Karena saat Break Ride unit ini kita tidak bisa boost, ada bagusnya memasang Ricca di belakang vanguard untuk unflip CB yang dipakai sekaligus mengisi soul untuk cost skill ke-2 Reit
  2. Saat memanggil up to 2 rearguard, sangat disarankan memanggil Syr Darya dan Lu Lu karena akan membuat Powerline 21000
  3. Saat melakukan Break Ride, panggil unit dari hand ke field agar penuh, bahkan Perfect Guard unit juga tidak apa2 dipanggil karena akan kembali ke hand lagi
  4. Bila melawan deck yang berbasis mengacaukan field musuh seperti Kagero, Narukami dan Link Joker, anda bisa memanggil kembali 0 kartu untuk mencegah field anda terkena efek skill musuh.
Pros :
  • Breakridenya sangat efektif karena dapat menebalkan hand, mentrigger on-bounce skill dan memberikan attack tambahan
  • Tetap bagus apabila kita melakukan Break Ride dengan copy Meer sendiri
  • Merupakan Break Ride yang anti-meta kepada deck dari clan seperti Kagero, Narukami dan Link Joker
Cons :
  • Skill ke-2nya jarang dapat digunakan
  • Saat Break Ride, kita tidak dapat memboost vanguard
  • Bila Break Ride menggunakan Reit kemudian vanguard restand, untuk menggunakan skill unit ini 2x maka membutuhkan 2 CB
Number in deck = 4


Selanjutnya mari kita lihat support apa saja yang dibutuhkan/direkomendasikan :

Duo Mini Hat, Rhone



[AUTO](VC/RC):[Counter Blast (1)-card with "Duo" in its card name] When this unit's attack hits a vanguard, if you have a «Bermuda Triangle» vanguard, you may pay the cost. If you do, choose one of your other «Bermuda Triangle» rear-guards, return it to your hand, search your deck for up to one card with the same name as that unit, reveal it to your opponent, put it into your hand, and shuffle your deck.

Unit ini adalah unit yang dapat memberikan plus dengan mudah, yaitu on hit CB1 bounce 1 dan ambil kartu dengan nama yang sama dari deck. Sangat bagus untuk membantu cost Reit, bisa juga dicombo dengan Ricca sehingga costnya menjadi gratis.
Number in deck = 3 atau 4

Duo White Crystal, Ricca



[AUTO]:When this unit is returned to your hand from (RC), if you have a «Bermuda Triangle» vanguard, Soul Charge (1), choose a card from your damage zone, and turn it face up.

On-bounce unflipper. Unit ini sangat membantu menghemat CB, terutama saat melakukan Break Ride, ataupun dicombo dengan Rhone. Unit ini juga dapat membantu mengisi soul untuk cost skill ke-2 Reit.
Number in deck = 3 atau 4

Duo Kelpie Jockey, Syr Darya



[AUTO](RC):When this unit attacks, if you have a vanguard with "Duo" in its card name, this unit gets [Power]+3000 until end of that battle.

Tipikal hitter 12k. Unit ini sangat membantu untuk membuat Powerline 21000 baik saat Break Ride maupun saat vanguard Reit.
Number in deck = 4

Duo Beast Ear, Lu Lu



[AUTO]:When this unit is placed on (RC), if you have a vanguard with "Duo" in its card name, choose up to four of your units named "Duo Beast Ear, Lu Lu", and those units get [Power]+2000 until end of turn.

Merupakan unit yang dapat memberikan boost 9k dengan mudah, dan skillnya dapat diabuse dengan Break Ride maupun skill ke-2 Reit.
Number in deck = 4

PR♥ISM-Duo, Yarmouk



[AUTO](RC): When your other «Bermuda Triangle» units are returned to your hand from (RC), this unit gets [Power]+3000 until the end of turn.

Unit yang memiliki skill yang sama seperti Doreen, pada deck Dark Irregular, tetapi syaratnya adalah ada unit yang terbounce. Dengan skill ke-2 Reit, unit ini akan memberikan boost yang cukup besar.
Number in deck = 4

Duo Shiny Tome, Cikola



[AUTO]:[Counter Blast (1)] When this unit is returned to your hand from (RC), if you have a vanguard with "Duo" in its card name, you may pay the cost. If you do, choose one of your other «Bermuda Triangle», and that unit gets [Power]+4000 until end of turn, choose up to three cards named "Duo Shiny Tone, Cikola" from your hand, and you may reveal them. If you revealed three cards, choose a card from your damage zone, and turn it face up.

Unit ini bisa dicombo dengan Break Ride maupun skill ke-2 Reit, meskipun pemakaiannya terbilang sulit.
Number in deck = 4

Duo Lovers Singer, Darling



[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Put this unit to soul] If you have a «Bermuda Triangle» vanguard, choose one of your units with "Duo" in its card name, and return all of your rear-guards with the same card name as that unit to your hand.

Starter vanguard. Unit ini dapat membantu memboost Power Yarmouk, mentrigger skill Ricca, ataupun untuk menebalkan hand.

Bermuda Triangle Cadet, Shizuku


[AUTO]: Forerunner (When a unit of the same clan rides this unit, you may call this unit to (RC))
[ACT](RC):[Counter Blast (1) & Put this unit into your soul] Look at the top five cards of your deck, search for up to one grade 3 «Bermuda Triangle» from among them, reveal it to your opponent, put it into your hand, and shuffle your deck.

Tipikal searcher grade 3. Starter alternatif, dapat digunakan untuk memperbesar chance Break Ride.


Sekarang saya akan memberi contoh deck build saya :

Grade 3 (8)
Duo Temptation, Reit x 4
Duo True Sister, Meer x 4

Grade 2 (11)
Duo Kelpie Jockey, Syr Darya x 4
Duo White Crystal, Ricca x 4
Duo Mini Hat, Rhone x 3

Grade 1 (14)
PR♥ISM-Duo, Aria (Perfect Guard) x 4
PR♥ISM-Duo, Yarmouk x 4
Duo Beast Ear, Lu Lu x 4
Duo Clear Parasol, Kura x 2

Grade 0 (17)
Bermuda Triangle Cadet, Shizuku x 1
Duo Grampus Turn, Shannon (Critical) x 4
Duo Pride Crown, Madeira (Critical) x 2
Duo Morning Charm, Liffey (Draw) x 4
Duo Lamplight Melody, Tigris (Draw) x 2
Duo Tropical Healer, Medjerda (Heal) x 4


Selanjutnya mari kita lihat combo/playstyle yang ada :

Duo Power Building
Sebelum memasuki combo yang lain, pertama kita harus mempelajari cara membuat Powerline nya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa contoh Powerline yang mungkin dibuat :

  • Syr Darya + Lu Lu (Power Up 1x) = 12000 + (7000 + 2000) = 21000
  • Grade 3 + Lu Lu (Power Up 2x) = 11000 + (7000 + 2000 + 2000) = 22000
  • Syr Darya + Yarmouk (Power Up 1x) = 12000 + (6000 + 3000) = 21000
  • 9k Unit / Grade 3 + Yarmouk (Power Up 2x) = 9000/11000 + (6000 + 6000) = 21000/23000


Grand Break Ride Performance
Seperti yang saya katakan di atas kalau deck ini memiliki Break Ride (Reit Break Ride Meer) yang destruktif, persiapan pertama adalah membuat setting field Powerline seperti yang saja jelaskan barusan. Berikut ini stepnya :

  1. Attack dengan rearguard kiri dan kanan (2 Attack)
  2. Vanguard menyerang, gunakan skill Break Ride, call 2 unit dari hand, disarankan memanggil Powerline [Syr Darya + Lu Lu (Power Up 1x)] (3 Attack) [1 CB]
  3. Gunakan skill restand Reit [3 CB]
  4. Rearguard menyerang (4 Attack)
  5. Vanguard menyerang, gunakan skill Break Ride, call 2 unit dari hand, disarankan memanggil Powerline [Syr Darya + Lu Lu (Power Up 1x)(5 Attack) [4 CB]
  6. Rearguard menyerang (6 Attack)
Kita bisa menghemat CB dengan memasang Ricca di belakang vanguard. Kombo di atas memberikan musuh 6 serangan dengan Power minimal 21000 bila memiliki setting field yang bagus.

Reit Solo Performance
Combo yang dapat dilakukan dengan menggunakan Reit tanpa Break Ride, saya berikan salah satu contoh combo saya, combo ini masih dapat diubah ataupun mencoba variasi yang lain.
Setting Field : Kiri = Syr Darya + Lu Lu, Tengah = Reit + Booster 7k, Kanan = Syr Darya + Lu Lu or Any 9k> Unit + Yarmouk
  1. Serang menggunakan Syr Darya dengan boost Lu Lu yang baru saja dicall sehingga memiliki Powerline 21000
  2. Serang menggunakan Reit tanpa boost, aktifkan skill ke-2nya untuk mengembalikan Lu Lu (Bila menggunakan Yarmouk, Yarmouk + 3000)
  3. Gunakan skill restand milik Reit
  4. Serang menggunakan Reit dengan boost, serangan ini akan menghasilkan Power 21000, aktifkan skill ke-2 Reit untuk mengembalikan Syr Darya (Bila menggunakan Yarmouk, Yarmouk + 3000)
  5. Serang menggunakan rearguard kanan, bila menggunakan Yarmouk, maka Yarmouk akan memberikan boost sebesar 12000
  6. Pada next turn, anda dapat mengcall Lu Lu lagi sehingga semua Lu Lu di field dapat memberikan boost sebesar 9000
Pada setting field maksimal, saya dapat memberikan serangan: RG 21000 > VG 11000 > VG 21000 > RG 21000 tanpa trigger.



Selanjutnya ada hal2 yang perlu diperhatikan :

Remember The Basic Rule
Seperti biasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak missplay :

  • Skill Reit membutuhkan discard 2 unit dengan nama yang sama terlebih dahulu sebelum dapat membayar CB nya
  • Skill Lu Lu akan memberikan Power kepada semua Lu Lu yang ada di field, jadi Lu Lu yang dipanggil pertama lah yang memiliki Power terbesar. Contoh :
    • 1st Lu Lu call (1st Lu Lu + 2000)
    • 2nd Lu Lu call (1st Lu Lu + 4000, 2nd Lu Lu + 2000)
    • 3rd Lu Lu call (1st Lu Lu + 6000, 2nd Lu Lu + 4000, 3rd Lu Lu + 2000)
    • dst

Decking Out
Perlu diperhatikan bahwa deck Duo adalah deck yang boros deck, jadi berhati-hatilah jangan sampai deck out

Counter Blast Countermeasure
Perhatikan juga jumlah CB yang tersedia, karena deck ini memerlukan banyak sekali CB. Disarankan menggunakan unflipper unit dengan efektif.


Sometimes Heal is Not Good
Bila trigger check Reit mendapat heal saat damage ke 4 menjadi 3, maka Reit tidak dapat menggunakan skill Limit Breaknya.


Yak, sepertinya semua ilmu peridolan untuk Reit dan Meer sudah saya bahas, memang deck ini agak sulit untuk dikuasai tapi bukan berati tidak mungkin. Mohon maat bila ada kata yang salah, semua saran dan kritik anda saya terima untuk referensi kedepannya :3


Regards    


Nepu    

1 comment:

  1. nice post XD
    semua kombony kepake

    mungkin boleh ditambahin juga klo pake starter prism smile, coro. minimal 2 kombony gini:
    1. vg rhone, coro boost rhone, kita punya 1 rg(anggap aj ricca).
    ricca serang vg(klo memungkinkan), rhone di boost coro, kalo hit skill rhone, ricca, dan coro bisa jalan bersamaan hhe
    2. vg reit, coro boost rg, rg kita anggap aj syr darya
    syr darya di boost coro serang vg, reit efek kedua SB1 balikin syr darya, coro juga bounce hhe, dpet shield tebel kan lumayan hhe

    ReplyDelete